Thursday , January 23 2020
Home / BERITA / Hadiri Semiloka Percepatan Perda Hukum Adat, Ini Harapan Wabup Mamuju
Wabup Mamuju saat menerima Ranperda Hukum adat.

Hadiri Semiloka Percepatan Perda Hukum Adat, Ini Harapan Wabup Mamuju

Mamuju -Tayang9 – Wakil Bupati Kabupaten Mamuju, Irwan Pababari, menghadiri pelaksanaan Seminar dan Loka Karya (Semiloka) mendorong percepatan Perda pengakuan hukum masyarakat adat, di Hotel Matos, Mamuju, Kamis, 09/01/20.

Dalam kesempatannya, Irwan Pababari, mengharpkan adanya manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut, dan bukan hanya untuk para peserta Semiloka, tetapi juga untuk generasi penerus.

“Tentunya selaku pemerintah daerah, mengharapkan seminar yang akan berlangsung akan memberikan manfaat bukan hanya bagi yang hadir hari ini, tetapi bermanfaat untuk generasi anak cucu kita di masa-masa mendatang, bermanfaat untuk Indonesia, bermanfaat untuk Sulawesi Barat, bermanfaat untuk Mamuju tentunya,” ucap Irwan Pababari.

Sementara itu, di tempat yang sama, tenaga ahli Sukri Tamma, mengungkapkan, bahwa tujuan dibuatnya Perda tersebut, agar mendapatkan pengakuan dari Negara.

“Peraturan Daerah dibuat bukan untuk membuat suatu negara dalam Negara, akan tetapi membuat pengakuan negara dalam suatu kerangka negara,” ungkap Sukri Tamma saat menyampaikan materi tentang memahami pengakuan terhadap masyarakat adat dalam kerangka eksistensi negara.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Mamuju, juga menerima secara langsung draf Naskah Akademik dan Ranperda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat yang merupakan usulan Konsorsium Perhutanan Sosial, dan Komunitas Masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Mamuju.(HMS/FM)

About MASDAR

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Check Also

Aliansi Peduli Poltek Kembali Lakukan Aksi, Wabup Majene : Bantu Kami Cari Lahan!

MAJENE, TAYANG9- Aliansi Peduli Poltek kembali melakukan aksi jilid ke II bertempat dihalaman kantor Bupati …

HMSS Bersama Polsek Sendana Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam

MAJENE, TAYANG9.COM – Himpuana Mahasiswa Satu Sendana (HMSS) bersama Polisi Sektor Sendana kembali menyerahkan bantuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KACO baru saja menaiki punggung kuda balibbinna, namun belum sempat ia keluar menuju jalan yang berkerikil depan rumahnya, mendadak ia disuguhi pemandangan segerombol anak-anak putih abu yang berkonvoi memacu sepeda motornya dengan suara knalpot yang memekik mengalahkan ringkik kudanya. Urung melangkahkan kaki kudanya, Kaco lalu berteriak dan bertanya kepada Cicci yang sedang membilas daster kenu’na di samping passauang, “allo apa dite’e di’e Kindo’na”. Cicci menjawab, “allo araba’ sippara hari pendidikan nasional”. Kaco membatin, “Oh, pantas anak-anak sekolah itu merayakannya dengan trek-trekan. Semoga kemajuan pendidikan tidak saja bergerak lamban, namun berlari kencang sekencang sepeda motor trek-trekan anak putih abu itu”.[yat teha]