Categories: BERITASTRAIGHT NEWS

Pilkada Mamuju, IPI : Habsi Wahid Tergolong Cukup Kuat

Mamuju – Tayang9 – Menyikapi munculnya sejumlah nama yang digadang-gadang akan maju pada Pilkada Mamuju 2020, Direktur PT. Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir angkat bicara.

Menurut Suadi Idris, banyaknya nama atau calon yang nantinya akan maju pada Pilkada Mamuju 2020, akan semakin memperkuat eksistensi Habsi Wahid yang berstatus sebagai kandidat petahana.

“Semakin banyak yang ingin maju, semakin baik bagi petahana. Sebab petahana Mamuju Habsi Wahid tergolong calon cukup kuat,” ucap Suwadi Idris, via whatsaap, Minggu, 07/07/19.

Selain itu ia juga menambahkan, bahwa sebagai kandidat petahana Habsi Wahid telah memiliki kendaraan politik yakni partai Nasdem, serta ditopang oleh basis elektoral yang rill.

“Petahana sudah siap kendaraan politik Nasdem, dan petahana sudah punya basis elektoral rill. Rata-rata petahana berangkat dari modal elektoral 20 hingga 30 persen, artinya jika banyak yang maju justru menguntungkan petahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa meski tergolong cukup kuat, namun pihaknya menyarankan agar Habsi Wahid yang berstatus kandidat petahana, tetap melakukan kajian politik, guna penentuan wakil serta memastikan setiap rivalnya tidak mengaggu basis elektoral yang saat  ini dimilikinya.

“Namun tentu bagi petahana, dia perlu melakukan kajian politik untuk memastikan siapa calon yang tepat dia gandeng sebagai wakil, dan untuk memastikan calon-calon yang maju tidak mengganggu basis-basis elektoralnya yang rill,” tutupnya.

Untuk diketahui, adapun sejumlah nama yang saat ini mencuak dan dikabarkan akan maju sebagai calon Bupati di Kabupaten Mamuju, yakni Sitti Sutinah Suhardi, Andi Ian Rusali Masdar, Irwan.SP. Pababari, Munandar Wijaya.(FM)

MASDAR KAPPAL

lahir dari keluarga petani, dan kini tengah serius menjadi seorang jurnalis dan penulis baik.

Recent Posts

Ketua DPC PKB Mateng Daftar Cabup di PDIP Mateng

MATENG, TAYANG9 - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mamuju Tengah Subhan…

4 jam ago

Bersama Bawaslu Sulbar, Bawaslu Polman Hadiri Reviu Hibah Pilkada di Jakarta

JAKARTA, TAYANG9 - Bersama Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Bawaslu Polewali Mandar hadiri acara penelitian dan…

1 minggu ago

BPN Majene Lakukan Inventarisasi dan Indentifikasi Redistribusi Tanah di Kecamatan Pamboang

Tayang9 - Dalam rangka percepatan pelaksanaan reforma agraria melalui kegiatan Redistribusi Tanah, Petugas Pengumpul Data…

1 minggu ago

Memudahkan Pendataan, BPN Majene Koordinasi di Desa Tubo Terkait Program PTSL

Tayang9 - Sebagai upaya percepatan kegiatan PTSL, salah satu langkah yang dilakukan ialah Koordinasi kepada…

1 minggu ago

TBM Sulbar di Buttu Ciping Helat Annual Art Mammesa

POLMAN, TAYANG9 - Sebagai ruang ekspresi dan unjuk karya kreatif para perupa di Sulawesi Barat,…

1 minggu ago

Herwyn Harap Rekruitmen CASN Bawaslu 2024 Diatur Berdasarkan Keahlian, Kompetensi Personil, dan Kebutuhan Lembaga

JAKARTA, TAYANG9 - Ketua, koordinator sekretariat bersama staf Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar hadiri acara sosialisasi…

1 minggu ago