Categories: BERITASTRAIGHT NEWS

Optimalkan Penanganan Covid-19, Kecamatan Luyo Bentuk Posko Induk

POLMAN, TAYANG9 – Mengoptimalkan pencegahan Covid-19, Pemerintah Kecamatan Luyo Polewali Mandar membentuk posko induk yang diletakkan di Desa Baru Kecamatan Luyo.

Pemilihan Desa Baru sebagai lokasi posko induk penanganan covid-19 Kecamatan Luyo karena merupakan jalur utama. Sedang untuk posko alternatif ditempatkan di Kelurahan Batupanga Kecamatan Luyo.

Camat Kecamatan Luyo, Arifin Hania di Kantor Kecamatan Luyo, Kamis 29 April 2020 mengatakan, pemberlakuan posko induk di Desa Baru ini merupakan kesepakatan bersama antara pemerintah kecamatan, para kepala desa dan tim medis di Puskesmas Batupanga serta TNI/Polri.

“Ini merupakan kesepakatan bersama, dengan berbagai pihak setelah melihat kondisi lapangan. Dalam pelaksanaannya, ditentukan jadwal para petugas posko. Dimana setiap harinya ada dua orang perwakilan dari desa yang bertugas didampingi tim medis serta aparat keamanan TNI dan Polri,” beber Arifin.

Dikatakan Arifin, dalam melaksanakan tugasnya, para petugas posko melakukan pengecekan berdasarkan standar protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Setiap warga yang melintas melewati posko tersebut akan dilakukan pengecakan suhu tubuh dan penyemprotan disenfektan pada kendaraan atau barang bawaannya. Selain itu, juga dilakukan wawancara dan memeriksa identitas kependudukan warga.  Untuk warga yang baru saja berkunjung dari luar daerah maupun luar negeri, dilakukan pendataan di posko dan selanjutnya akan dilakukan observasi serta tindak lanjut penanganan tim medis,” urainya.

Senada dengan itu, Sekertaris Kecamatan Luyo, Zainul Abidin mengatakan, berdasarkan hasil pantauan pelaksanaan kegiatan posko induk yang telah berjalan selama tujuh hari telah terdata jumlah arus lalu lintas warga dari dan menuju wilayah Kecamatan Luyo.

“Data yang telah terdokumentasi per tanggal 29 April 2020 terdapat 46 warga yang memiliki riwayat perjalanan dari berbagai daerah dan yang kembali ke desa masing-masing,” ungkapnya.

Dari data 46 warga itu, masih menurut Zainul, selanjutnya telah dilakukan observasi dan edukasi kepada mereka.

“Iya yang terdata melalui posko itu, telah kita tangani sesuai dengan protokol penanganan sebagaimana yang ditetapkan pemerintah. Kita berharap, petugas yang berjaga di posko senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugasnya,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakan Zainul, posko bentukan pemerintah kecamatan bersama sejumlah pihak itu akan bekerja maksimal hingga tujuh hari ke depan sesuai dengan rencana pelaksanaan.

“Karenanya, sekali lagi kami berharap kerja sama semua pihak dalam mendukung kegiatan ini. Utamanya warga Kecamatan Luyo untuk secara berdisiplin mengkuti anjuran dan himbauan pemerintah. Dan segera semua ikhtiar kita ini, menjadi cara kita berjuang dalam membangun empati sosial kita atas wabah ini bersama bisa kita lalu dengan baik,” tukasnya. [**]

REDAKSI

Koran Online TAYANG9.COM - "Menulis Gagasan, Mencatat Peristiwa" Boyang Nol Pitu Berkat Pesona Polewali Sulbar. Email: sureltayang9@gmail.com Gawai: +62 852-5395-5557

Recent Posts

Resmi Pimpin PW UMDI Sulbar, Sitti Nur Amillang Pastikan Konsolidasi Internal Diperkuat

POLMAN, TAYANG9 - Pengurus Wilayah (PW) Ummahat Darud Dakwah Wal Irsyad (UMDI) Sulawesi Barat Sitti…

2 hari ago

Ketua DPC PDIP Mateng, I Komang Budi Arcana Mendaftar Desk Pilkada DPC PKB Mateng

MATENG, TAYANG9 - Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mamuju Tengah, I Komang Budi Arcana mendaftar…

2 hari ago

BAN PDM Sulbar Gelar Sosialisasi Akreditasi Jenjang PAUD

TAYANG9, POLMAN - Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah…

6 hari ago

Bawaslu Polman Buka Perekrutan Panwascam untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024

POLMAN, TAYANG9 - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Polewali Mandar akan membuka perekrutan Panitia Pengawas…

7 hari ago

DPC PKB Mamuju Tengah buka Penjaringan Bacalon Bupati Wabup Mateng

MATENG, TAYANG9 - Satu orang dinyatakan telah mengambil formulir pasca dibukanya penjaringan bakal calon (bacalon)…

7 hari ago

Bertepatan Hari Kartini, Bawaslu Polman Hadiri Puncak HUT Bawaslu ke 16 di Jakarta

JAKARTA, TAYANG9 - Bertepatan dengan sejumlah kegiatan yang berlangsung di Jakarta, Ahad 21 April 2024…

1 minggu ago